Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

Ditulis Oleh | Selasa, 08 Desember 2020 04:18 | Dibaca : 85 Kali
Musim hujan di masa pandemi Musim hujan di masa pandemi www.google.com

Pandemi virus corona belum berakhir. Di sisi lain, kini sudah tiba musim penghujan. Upaya menjaga daya tahan tubuh harus terus dilaksanakan untuk mencegah terserang virus corona, sekaligus menangkal beragam penyakit yang sering datang saat musim penghujan.

Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan di masa pendemi selama musim penghujan

1. Berjemur di bawah matahari pagi

Berjemur di bawah sinar matahari pagi baik untuk kesehatan karena tubuh mendapatkan asupan vitamin D. Untuk mendapatkan Vitamin D, kita memerlukan paparan sinar ultraviolet B yang muncul antara Pukul 09.30 - 14.30.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 merekomendasikan untuk berjemur di bawah matahari pagi selama 5-15 menit. Berjemur harus dilakukan rutin, minimal 2 sampai 3 kali seminggu.

2. Olahraga rutin

Cara menjaga daya tahan tubuh berikutnya adalah dengan berolahraga rutin. Olahraga baik untuk melepas stres sekaligus melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Tidak perlu melakukan olahraga yang menguras tenaha karena kalau sampai terlalu lelah justru akan menurunkan imun tubuh kita. Lakukan olahraga teratur sekitar 150 menit per minggu, atau 30 menit per hari.

3. Minum air putih

Cara menjaga daya tahan tubuh berikutnya adalah dengan minum air putih sekitar 2 liter per hari. Kecukupan konsumsi air penting untuk menjaga fungsi tubuh tetap optimal.

Kekurangan minum air membuat fungsi tubuh menurun. Akibatnya, daya tahan tubuh pun rawan melemah.

4. Konsumsi vitamin

Cara menjaga daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan konsumsi vitamin dan suplemen. Tapi jangan sembarangan konsumsi vitamin dan suplemen.

Konsultasikan dengan dokter Anda, vitamin dan suplemen apa yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Biasanya, untuk menjaga daya tahan tubuh diperlukan vitamin C.

5. Pola makan

Cara menjaga daya tahan tubuh yang lainnnya adalah dengan menjaga pola makan. Konsumsilah makanan sehat dan gizi seimbang.

Ingat, malnutrisi akibat makanan tidak sehat dan tidak teratur dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh. Kurangi makanan junkfood dan berlemak agar daya tahan tubuh terjaga. Perbanyak makanan yang mengandung serat.

6. Tidur cukup

Cara menjaga daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan istirahat cukup sekitar 7-8 jam per hari. Menjaga jam tidur merupakan cara untuk menjaga sistem imun tetap baik.

Tidur yang cukup dan pola tidur yang baik dapat menurunkan risiko stres yang dapat menurunkan imun pada tubuh. Jadi pastikan waktu tidur selalu tercukupi, kurangi begadang.

 

disadur dari : www.kesehatan.kontan.co.id


Reni Tangmau

Staf Administrasi pada UPT Puskesmas Oebobo

puskesmasoebobo@yahoo.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.