Tak Kenal, Maka Tak Sayang, Mengenal Imunisasi MR Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 07:01 | Dibaca : 61 Kali | Terakhir Diperbaharui : Kamis, 26 Juli 2018 07:16
Vaksin Rubbela untuk Imunisasi MR Vaksin Rubbela untuk Imunisasi MR www.google.com

Moms, imunisasi anak itu wajib dilakukan untuk melindungi buah hati dari berbagai risiko penyakit yang bisa berakibat fatal bagi kesehatannya. Mau tau lebih lanjut? Simak ulasan berikut.


Tak terasa sudah lebih dari 200 tahun sejak sukses dilakukannya imunisasi cacar pertama yang dibuat oleh Edward Jenner. Dalam satu abad terakhir, imunisasi anak telah memberikan dampak yang sangat besar bagi kesehatan manusia di seluruh penjuru dunia, dengan meningkatkan kekebalan terhadap penyakit seperti polio, tetanus, difteri, maupun hepatitis.

 

Moms, imunisasi anak itu wajib dilakukan untuk melindungi buah hati dari berbagai risiko penyakit yang bisa berakibat fatal bagi kesehatannya. Mau tau lebih lanjut? Simak ulasan berikut.

 

Campak & Rubella, berbahayakah?

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus. (sumber: www.kesmas-id.com)

Siapa aja yang beruntung mendapatkan imunisasi MR?

Imunisasi MR diberikan untuk semua anak yang telah berusia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun selama kampanye imunisasi MR. Selanjutnya, imunisasi MR masuk ke dalam jadwal imunisasi rutin dan diberikan kepada anak berusia 9 bulan, 18 bulan, dan kelas 1 SD/sederajat untuk menggantikan imuniasi Campak.

Dimanakah bisa mendapatkan Imunisasi MR?

  1. Imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah 7 tahun s.d <15 tahun (SD/MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat), Kalo ada yang sdh berusia 15 tahun bersekolah di SMU/sederajat harus juga yaa diberikan imunisasi MR.
  2. Imunisasi MR diberikan untuk Bayi Usia 9 bulan s.d anak usia <7 tahun dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan Sarana Pelayanan Kesehatan lainnya.

Apakah ada efek samping dari imunisasi MR?

Tidak ada efek samping dalam imunisasi MR. Demam ringan, bengkak ringan, ruam merah dan nyeri di tempat suntikan setelah imunisasi merupakan reaksi normal yang akan menghilang dalam waktu 2-3 hari. Kejadian ikutan pasca imunisasi yang cukup serius sangat jarang terjadi. (sumber: www.orami.co.id)

Ayo, lindungi buah hati Anda dari kesakitan, kecacatan, dan kematian karena penyakit Campak dan Rubella.

 

Sayangi buah hati Anda dengan Imunisasi Campak-Rubella (MR), GRATIS lho.

Reni Tangmau

Staf Administrasi pada UPT Puskesmas Oebobo

puskesmasoebobo@yahoo.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.