Komputer dan Kesehatan Mata Anda Featured

Ditulis Oleh | Senin, 01 Oktober 2018 04:26 | Dibaca : 46 Kali | Terakhir Diperbaharui : Senin, 01 Oktober 2018 06:19
Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Terlalu Lama Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Terlalu Lama dok. google

Tahukah anda bahwa terlalu lama beraktivitas dengan komputer dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan?


Laptop / Komputer sudah menjadi benda yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Bekerja, belajar, ataupun sekedar bermain game semuanya menggunakan komputer. Namun tahukah anda bahwa terlalu lama beraktivitas dengan komputer dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan? Baik itu kesehatan mata, hingga timbulnya masalah kegemukan bahkan obesitas. Berkurangnya aktifitas tubuh dapat membuat tubuh tidak membakar kalori dengan baik sehingga akan menjadi timbunan lemak dan membuat anda kegemukan bahkan obesitas.

Radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh layar komputer atau laptop dapat menyebabkan mata mengalami kelelahan dan juga gangguan mata yang lainnya. Akibat lain terlalu lama duduk di depan komputer adalah sakit kepala / pusing, sakit leher dan pinggang, bahu pegal dan masih banyak yang lainnya. Namun jika kegiatan anda sehari-hari adalah di depan layar monitor komputer anda perlu melakukan beberapa tips di bawah ini agar aspek-aspek kesehatan tubuh anda dan juga mata anda senantiasa terjaga.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan mata saat di depan komputer :

  1. Kecerahan layar monitor
    Aturlah posisi dan kecerahan layar monitor sesuai dengan posisi yang paling nyaman untuk anda. Jangan mengatur tampilan layar menjadi terlalu cerah atau terlalu gelap agar anda tidak kesulitan dalam melihat monitor.
  2. Gunakan Screen Protector
    Usahakan untuk memasang Screen Protector untuk mengurangi pancaran radiasi dari layar monitor ke mata anda, sehingga tidak cepat membuat mata anda kelelahan saat melihat layar monitor.
  3. Atur Jarak Pandang Mata
    Aturlah jarak antara mata dengan monitor, idealnya jarak mata dengan monitor yang aman adalah 50 - 100 cm. Jangan memasang monitor terlalu dekat dengan mata kita karena akan membuat mata cepat lelah.           
  4. Istirahatkan Mata
    Secara normal manusia akan berkedip sebanyak 18 kali selama satu menit, namun akan tetapi ketika kita menatap layar monitor mata kita akan jarang berkedip. Maka dari itu usahakanlah setiap 1 jam istirahatkan mata selama 5 menit saja tanpa menghadap monitor, agar mata anda tidak mudah iritasi atau mudah lelah. Lakukanlah Olahraga Mata sebagai pencegahan.
  5. Alihkan Pandangan          
    Saat menatap monitor mata anda hanya akan tertuju pada satu objek saja yaitu monitor. Usahakanlah anda mengalihkan pandangan anda sejenak saja dari monitor, pandanglah pemandangan sekitar anda terutama pepohonan hijau jika ada. Hal ini dilakukan agar mata anda tidak cepat lelah juga, dan juga dapat mengusir pusing yang hinggap di kepala.
  6. Konsumsi Buah dan Sayur
    Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A sangat bagus dan baik bagi kesehatan mata anda, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar anda tidak kekurangan vitamin A sehingga anda tidak memiliki gangguan mata nantinya.
  7. Periksa Mata
    Agar anda tahu bagaimana kondisi mata anda jangan sampai lupa untuk melakukan pengecekan mata (check up) dan konsultasi kepada dokter spesialis mata. Usahakanlah setiap 3 bulan sekali anda memeriksakan kondisi mata anda, jika suatu saat  anda mempunyai keluhan maka akan segera mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya.
Reni Tangmau

Staf Administrasi pada UPT Puskesmas Oebobo

puskesmasoebobo@yahoo.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.