Puskesmas Oebobo Pelayanan Klinik Sanitasi 2018 Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 04:14 | Dibaca : 99 Kali | Terakhir Diperbaharui : Kamis, 26 Juli 2018 06:06
pelayanan konseling klinik sanitasi pelayanan konseling klinik sanitasi doc puskobb

Klinik sanitasi merupakan suatu upaya atau kegiatan yang mengintegrasikan pelayanan kesehatan promotif, preventif, dan kuratif yang difokuskan pada masyarakat yang berisiko tinggi untuk mengatasi masalah penyakit yang berbasis lingkungan.


Dalam pelayanan klinik sanitasi petugas kesehatan lingkungan/sanitarian melakukan anamnesa melalui wawancara terhadap pasien atau kelurganya mengenai   keluhan utama, keluhan tambahan, riwayat penyakit terdahulu, riwayat penyakit keluarga, lamanya sakit, kondisi lingkungan serta sarana sanitasi yang digunakan.

Konseling adalah komunikasi antara dua orang atau lebih antara petugas konseling dan pasien atau klien yang memutuskan untuk bekerja sama sehingga pasien dan klien dapat mengenali dan memecahkan masalah kesehatan lingkungan secara mandiri maupun dengan bantuan pihak lain.

Tujuan penyelenggaraan pelayanan ini yakni menurunkan angka penyakit berbasis lingkungan dan meningkatkan kondisi kesehatan lingkungan, menciptakan keterpaduan kegiatan lintas program dan lintas sektor dalam pencegahan penyakit menular, meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat untuk mencegah penyakit berbasis lingkungan serta masalah kesehatan lingkungan dengan sumber daya yang ada.

(ig)

Ike Giri

tenaga sanitarian pada UPT Puskesmas Oebobo

keluhanpelanggan@gmail.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.