Bulan Februari, UPT Puskesmas Oebobo Lakukan Pemberian Vitamin A Featured

Ditulis Oleh | Rabu, 06 Februari 2019 05:41 | Dibaca : 412 Kali | Terakhir Diperbaharui : Rabu, 09 Oktober 2019 03:14
Pemberian Vitamin A di Posyandu Pemberian Vitamin A di Posyandu dok. puskesmas oebobo

UPT Puskesmas Oebobo melakukan Pemberian Vitamin A di Posyandu wilayah Kelurahan Oebobo, Oetete dan Fatululi pada Bulan Februari dan Agustus secara GRATIS.

Vitamin A kapsul berwarna biru dengan dosis 100.000 IU diberikan kepada bayi berusia 6-11 bulan, dan kapsul berwarna merah dengan dosis 200.000 IU diberikan untuk balita usia 12-59 bulan dan Ibu Nifas.

Vitamin A mempunyai empat fungsi utama pada tubuh yaitu :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak, diare.
  • Membantu proses penglihatan adaptasi dari tempat yang terang ke tempat yang gelap.
  • Mencegah kelainan pada sel termasuk pada selaput lender mata.
  • Mencegah terjadinya kekeringan pada mata disebut xerosis konjungtiva.

Vitamin A merupakan zat gizi yang penting (essensial) bagi manusia. Zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar. Makanan sumber Vitamin A sebagian besar berasal dari produk hewani seperti daging, telur, susu dan hati, namun beberapa produk nabati juga mengandung Vitamin A terutama sayur-sayuran berwarna seperti wortel, bayam, kol, brokoli, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat dan kacang polong.

Disamping dari produk alami, Vitamin A juga dapat berasal dari hasil rekayasa yang diperkaya (fortifikasi) pada beberapa bahan pangan seperti dalam minyak goreng, margarin, susu dan beberapa jenis mie instant. Selain itu ada satu sumber Vitamin A yang sangat potensial dan dapat mencukupi seluruh kebutuhan tubuh khususnya pada bayi dan Balita yaitu suplementasi Vitamin A melalui pemberian kapsul Vitamin A.


Reni Tangmau

Staf Administrasi pada UPT Puskesmas Oebobo

puskesmasoebobo@yahoo.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.