Reni Tangmau

Reni Tangmau

Staf Administrasi pada UPT Puskesmas Oebobo

Website URL: http://puskesmasoebobo@yahoo.com   |   Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini Gangguan Jiwa merupakan program dari Bidang Kesga (Kesehatan Keluarga) Dinas Kesehatan Kota Kupang bekerja sama dengan RSIA Dedari untuk mendatangkan dokter spesialis Kesehatan Jiwa ke Puskesmas.

Kegiatan ditujukan bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman serta perhatian terhadap kondisi psikologis sehingga bisa menghindari dan menanggulangi akan terjadinya gangguan jiwa (mental), baik dari diri sendiri maupun orang lain.

Kegiatan berlangsung di Ruang Pertemuan UPT Puskesmas Oebobo pada hari Senin, 20 Mei 2019 Pukul 12.00 hingga selesai.

Dr. D. A. P. Shinta Widari, SpKJ. MRS mengungkapkan bahwa berdasarkan ilmu kejiwaan, terdapat tiga faktor penyebab gangguan jiwa. Pertama, faktor biologi yang melibatkan genetik dan aspek keturunan. Kedua, adanya masalah yang terjadi pada neurotransmitter seseorang.

Ini sudah bawaan dari lahir dan mewarisi penyakit akibat faktor genetik. Sehingga membuatnya lebih mudah terpapar depresi sampai akhirnya mengalami gangguan jiwa berat. Contoh kasus, mereka yang mengalami kepribadian imatur (tidak matang).

Ketiga, masalah lingkungan, bagaimana pasien tersebut mengalami tekanan luar biasa baik dari lingkungan keluarga, pekerjaan, atau sosial. Seluruh faktor tersebut berhubungan dan menyebabkan stres yang dapat terakumulasi menjadi sebuah gangguan jiwa baik bersifat neurotik atau psikotik.

Ada beragam keluhan yang dirasakan pasien gangguan jiwa, di antaranya susah tidur, kadang sedih, tidak mau makan, ketakutan, putus asa, sampai hal yang ekstrem dengan melakukan percobaan bunuh diri. Jadi, apa bila anda mengalami hal demikian, segera periksakan diri anda ke Puskesmas untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Bulan Ramadhan tahun ini jatuh pada Bulan Juni. Selama sebulan kaum muslim di seluruh dunia akan merayakan bulan yang suci ini dengan menjalankan ibadah puasa. Meskipun kita tidak makan dan minum seharian, kita tentu harus pintar-pintar dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar tetap bisa melakukan berbagai aktifitas seperti biasa. Apa yang perlu kita lakukan agar bisa menjaga kondisi tubuh selama bulan puasa?

Karena kita tidak makan dan minum seharian, bulan puasa kerap kali diidentikkan dengan masalah dehidrasi atau kekurangan energi. Tak hanya itu, frekuensi makan kita juga cenderung berkurang, yakni hanya pada saat sahur dan setelah berbuka. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang lebih mengutamakan banyak minum atau mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat nan mengenyangkan alih-alih memperhatikan asupan kadar gizi yang seimbang karena berpikir jika mereka tidak makan dan minum seharian. Padahal, Kementerian Kesehatan telah mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Gizi yang bertujuan untuk merekomendasikan masyarakat untuk selalu memperhatikan asupan yang bergizi sehari-hari agar tubuh selalu sehat dan bugar, termasuk di bulan puasa. Berikut merupakan hal-hal yang harus diperhatikan agar kesehatan tetap terjaga selama Bulan Puasa.

1. Asupan gizi
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan sahur dan berbuka yang kaya akan protein, vitamin, mineral, serta serat. Saat sahur, jangan pernah lupakan konsumsi karbohidrat kompleks yang ada di dalam nasi merah, ubi, jagung, roti gandum, dan makanan lainnya. Asupan protein dan lemak juga tidak boleh ditinggalkan karena andai kita tidak mengkonsumsinya, dikhawatirkan badan akan mudah terasa lemah di siang hari saat berpuasa.
Saat sahur atau berbuka, kita bisa mengkonsumsi jus buah yang bisa membantu proses pencernaan tetap lancar sekaligus menjaga asupan vitamin dan nutrisi baik lainnya yang penting bagi tubuh. Selain itu, pastikan untuk meminum 8 gelas air putih demi mencukupi kebutuhan cairan tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.
Pakar kesehatan tidak menyarankan kita untuk mengkonsumsi gorengan serta makanan pedas dan berlemak yang bisa menghambat proses pencernaan dan meningkatkan asam lambung. Masalah asam lambung tentu akan membuat puasa menjadi terasa lebih berat. Tak hanya itu, hindari pula camilan layaknya cake atau cokelat dan menggantinya dengan camilan rendah kalori layaknya kurma dan kacang almond demi menjaga berat badan tetap ideal.

2. Olah Raga

Tak hanya memperhatikan asupan makanan, ada baiknya kita juga melakukan gaya hidup sehat lainnya seperti berolahraga ringan layaknya berjalan kaki, bersepeda atau jogging sebelum berbuka puasa, selalu tidur dengan waktu yang cukup, hingga meminum vitamin atau suplemen yang bisa menjaga daya tahan tubuh.

3. Beribadah

Selain itu, jangan lupakan aktifitas beribadah layaknya membaca Al Quran, rutin melakukan salat tarawih, dan memberikan sedekah agar jiwa kita semakin tenang dan siap menjalani ibadah puasa hingga satu bulan penuh.

Selamat berpuasa dan Salam Sehat!

sumber: DokterSehat.Com

Makanan Sehat Ibu Menyusui

Kamis, 02 Mei 2019 01:54

Agar tetap sehat dan produksi ASI memenuhi kebutuhan bayi, ibu perlu makan lebih dari biasanya dan sesuai pola menu seimbang

Menyusui merupakan cara alamiah untuk memberikan makanan dan minuman pada awal kehidupan bayi.

Pada masa menyusui kebutuha gizi ibu perlu diperhatikan karena ibu tidak hanya harus mencukupi kebutuhan dirinya melainkan harus mencukupi kebutuhan dirinya melainkan harus memproduksi ASI bagi bayinya.

Makanan yang dianjurkan :

  • Energi : pada enam bulan pertama ditambah 500 kkal/hari dari kebutuhan sebelum hamil.
  • Protein 10 – 15% dari total energy atau sesuai kecukupan protein ibu sebelu hamil daitambah 17 gram per hari selama menyusui.
  • Lemak 20-25% dari total energi sehari.
  • Karbohidrat 50 – 60% per hari dari total energy.
  • Vitamin dan mineral sesuai AKG.

 

Untuk memenuhi kebutuhan vitamain A selama masa nifas, ibu menyusui dianjurkan mengkonsumsi 2 kapsul vitamin A dosis tinggi.

 

MAKANAN DAN BAHAN MAKANAN YANG DIANJURKAN :

  • Sumber karbohidrat : beras, kentang, bihun, mie, roti, macaroni, krackers, dll
  • Sumber protein : ayam, ikan, daging, telur, hati, keju, susu, kacang-kacangan, tahu, tempe
  • Sumber vitamin dan mineral : sayur dan buah yang berharga segar.

 

PENGATURAN MAKANAN SEHARI UNTUK IBU MENYUSUI

BAHAN MAKANAN                                                        

  • Nasi/Penukar (4 ¾ gelas)
  • Daging/Penukar (2 ½ potong)
  • Tempe/Penukar (6 potong)
  • Sayur (3 gelas)
  • Buah ( 3 potong)
  • Minyak/Penukar (2 ½ sdm)
  • Kacang hijau (2 ½ sdm)
  • Tepung saridele (4 sdm)
  • Susu (2 ½ sdm)
  • Gula (2 sdm)

 

Nilai Gizi

     Energi   : 2435 kalori

     Protein  : 65 g

     Lemak   : 65 g

     K. H.     : 287 g

     Vit C     : 70 g

     Zat Besi : 31 g

 

Hal – hal yang perlu diperhatikan :

  • Menjaga kesehatan bu dengan makan cukup mengikuti pola gizi seimbang
  • Minum lebih dari 8 gelas sehari (tambahkan 3-4 gelas per hari dari biasanya)

 

Untuk memvariasikan makanan, gunakan brosur bahan makanan penukar.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi Puskesmas terdekat atau sarana pelayanan kesehatan lainnya yang terdekat.

Dalam rangka menyambut Hari TB Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret 2019, UPT Puskesmas Oebobo bekerja sama dengan PERDAKHI (Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia) dan KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kota Kupang melakukan kegiatan di bawah tema “Saatnya Indonesia Bebas TBC, Kota Kupang Bebas TBC Mulai dari Saya”.

Kegiatan dilakukan di Pasar Oebobo, Kelurahan Fatululi. Pada hari Selasa, 19 maret 2019. Berlangsung dari pukul 10.00 hingga 12.00 WITA.

Kegiatan dimaksud terdiri dari Penyuluhan TB dan HIV serta deteksi dini TB dan HIV. Penyuluhan tentang TB dilakukan oleh Pengelola program TB UPT Puskesmas Oebobo, Ibu Meriyanti, S.Kep. Ns, serta Penyuluhan tentang HIV dilakukan oleh Pengelola Program IMS HIV/AIDS UPT Puskesmas Oebobo, Ibu Jasintha Paula Bere dan Maria Pau, Amd. Keb.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat di wilayah Kelurahan Fatululi dan sekitarnya mendapatkan informasi terkait TB dan HIV, serta dapat mengetahui dan mencegah secara dini penyakit TB dan HIV.  

Diare adalah buang air besar encer yang lebih sering dari biasanya, dapat berupa air saja, bila mengandung darah biasa disebut disentri. Atau diare adalah buang air besar dengan frekuensi lebih sering (lebih dari 3 kali sehari) dan bentuk tinja lebih cair dari biasanya).

Bahaya utama diare adalah kekuarangan cairan dna kekurangan gizi sehingga dapat menyebabkan kematian.

PENYEBAB DIARE

Penyebab langsung adalah makanan dan minuman yang tercemar oleh kuman penyakit atau bahan kimia yang akan menyebabkan diare.

Penyebab tidak langsung melalui kotoran/berak di sembarang tempat dengan media penular seperti air, serangga (lalat, kecoak), tikus, tanah dan tangan sampai makanan dan minuman manusia.

CARA PENULARAN DIARE

  • Makanan dan minuman sudah tercemar serangga atau tangan yang kotor.
  • Bermain dengan mainan yang kotor.
  • Penggunaan sumber air yang sudah tercemar dan tidak memasak air minum sampai mendidih.
  • Pencucian dan pemakaian botol susu yang tidak bersih (bagi bayi).
  • Tidak mencuci tangan dengan bersih setelah selesai buang air besar atau membersihkan tinja anak yang terinfeksi, sehingga mencemari perlengkapan bayi yang dipegang.

PENCEGAHAN DIARE

  • Berikan ASI saja sampai bayi berusia 6 bulan (ASI Ekslusif).
  • Minumlah air yang yang telah dimasak hingga mendidih.
  • Biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum menyiapkan makanan dan sesudah buang air besar dan kecil.
  • Makanlah makanan yang dimasak dan bergizi.
  • Buang air besar (berak) dan buang air kecil (kencing) pada jamban yang memenuhi syarat kesehatan.
  • Buanglah kotoran bayi di jamban.
  • Hindarkan makanan dan minuman dari lalat, kecoak, tikus dan racun.
  • Guntinglah kuku anda dua kali seminggu.
  • Jagalah kebersihan rumah dan lingkungan serta kebersihan diri dan bayi anda.

 

Apabila terdapat penderita diare di rumah, dapat dilakukan tindakan penanggulangan sebagai berikut :

  1. Setiap penderita harus diberi minum larutan oralit yang dapat diperoleh di puskesmas/ apotik
  2. Setiap penderita bayi harus terus diberi ASI dan makanan, penderita jangan dipuasakan
  3. Segera bawa ke puskesmas/rumah sakit apabila :
  • Panas
  • Tidak mau makan dan minum
  • Muntah terus menerus
  • Mencret terus menerus
  • Tinja berlendir dan berdarah

 

Segera bawa anggota keluarga anda yang mengalami diare ke Puskesmas Oebobo untuk ditangani oleh tenaga medis yang profesional.

Salam Sehat.

 

UPT Puskesmas Oebobo melakukan Pemberian Vitamin A di Posyandu wilayah Kelurahan Oebobo, Oetete dan Fatululi pada Bulan Februari dan Agustus secara GRATIS.

Vitamin A kapsul berwarna biru dengan dosis 100.000 IU diberikan kepada bayi berusia 6-11 bulan, dan kapsul berwarna merah dengan dosis 200.000 IU diberikan untuk balita usia 12-59 bulan dan Ibu Nifas.

Vitamin A mempunyai empat fungsi utama pada tubuh yaitu :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak, diare.
  • Membantu proses penglihatan adaptasi dari tempat yang terang ke tempat yang gelap.
  • Mencegah kelainan pada sel termasuk pada selaput lender mata.
  • Mencegah terjadinya kekeringan pada mata disebut xerosis konjungtiva.

Vitamin A merupakan zat gizi yang penting (essensial) bagi manusia. Zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar. Makanan sumber Vitamin A sebagian besar berasal dari produk hewani seperti daging, telur, susu dan hati, namun beberapa produk nabati juga mengandung Vitamin A terutama sayur-sayuran berwarna seperti wortel, bayam, kol, brokoli, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat dan kacang polong.

Disamping dari produk alami, Vitamin A juga dapat berasal dari hasil rekayasa yang diperkaya (fortifikasi) pada beberapa bahan pangan seperti dalam minyak goreng, margarin, susu dan beberapa jenis mie instant. Selain itu ada satu sumber Vitamin A yang sangat potensial dan dapat mencukupi seluruh kebutuhan tubuh khususnya pada bayi dan Balita yaitu suplementasi Vitamin A melalui pemberian kapsul Vitamin A.

Sehat dengan Makan Beraneka Ragam

Senin, 04 Februari 2019 02:10

APA YANG DIMAKSUD DENGAN MAKAN BERANEKA RAGAM?

Makan beraneka ragam adalah makan berbagai jenis bahan makanan terdiri dari makanan sumber zat tenaga (karbohidrat dan lemak), zat pembangunan (protein), dan zat pengatur (vitamin dan mineral) yang memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan.

 

MENGAPA TUBUH MEMERLUKAN MAKANAN YANG BERANEKA RAGAM?

  • Karena tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung zat gizi lengkap untuk mencukupi kebutuhan tubuh, selain ASI.
  • Makin beragam makanan yang dikonsumsi, makin lengkap dan tinggi kualitas zat gizi yang diperoleh.

 

APA YANG DIMAKSUD DENGAN MAKANAN SUMBER ZAT TENAGA?

  • Makanan sumber zat tenaga adalah makanan yang mengandung tinggi karbohidrat dan lemak yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Sumber zat tenaga dapat diperoleh dari makanan pokok (nasi, jagung, ubi, sagu, tepung-tepungan) dan sumber lemak (minyak, santan, lemak hewan).

 

APA YANG DIMAKSUD DENGAN MAKANAN SUMBER ZAT PEMBANGUN?

  • Makanan sumber zat pembangun adalah makanan yang mengandung protein yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak.
  • Sumber zat pembangun banyak terdapat pada lauk pauk nabati (tempe, tahu, dan lain-lain) dan hewani (daging, ikan dan lain-lain).

 

APA YANG DIMAKSUD DENGAN MAKANAN SUMBER ZAT PENGATUR?

  • Makanan sumber zat pengatur adalah makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh untuk pemeliharaan badan dan membantu pencernaan.
  • Sumber zat pengatur banyak terdapat pada sayuran dan buah.

 

BAGAIMANA SUSUNAN MAKANAN BERANEKA RAGAM?

  • Makanan beraneka ragam terdiri dari :

Makanan pokok + lauk hewani + lauk nabati + sayur + buah.

Contohnya : nasi + telur dadar + tempe bacem + sayur bayam + pepaya.

  • Jumlah makanan yang dibutuhkan berbeda menurut umur, jenis kelamin dan tingkat aktivitas fisik.

MENGAPA PERLU MAKAN BERANEKA RAGAM?

  • Tidak ada satu jenis bahan makanan pun yang memenuhi semua kebutuhan gizi
  • Aneka ragam makanan menyediakan kebutuhan semua zat gizi bagi tubuh.
  • Untuk bisa memenuhi semua kebutuhan zat gizi, makanan sehari-hari terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah-buahan.

 

APA YANG DIMAKSUD DENGAN ANEMIA GIZI BESI?

Anemia gizi besi adalah suatu keadaan tubuh manusia, dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah kurang dari normal.

BERAPA KADAR Hb NORMAL?

Departemen Kesehatan telah menetapkan batas kadar Hb normal dalam 100 cc darah sebagai berikut :

  • Anak Sekolah ≥ 12 mg
  • Wanita Dewasa ≥ 12 mg
  • Wanita Hamil ≥ 11 mg
  • Ibu Menyusui ≥ 12 mg
  • Pria Dewasa ≥ 13 mg

BAGAIMANA TANDA-TANDA ANEMIA GIZI BESI?

5 L :        LETIH

              LELAH

              LESU

             LEMAH

             LUNGLAI

 

  • Pucat pada wajah, kelopak mata dan telapak tangan
  • Pusing
  • Penglihatan berkunang-kunang

 

APA PENYEBAB ANEMIA GIZI BESI?

  • Makanan sehari-hari yang kurang mengandung zat besi
  • Meningkatnya kebutuhan zat besi.
  • Keadaan menstruasi
  • Adanya penyakit infeksi dan kecacingan

 

APA PENYAKIT YANG DITIMBULKAN ANEMIA ZAT BESI?

Anemia Gizi Besi menyebabkan darah tak mampu mengikat dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Bila oksigen yang diperlukan tidak cukup akibatnya :

  • Sulit berkonsentrasi sehingga prestasi belajar menurun.
  • Aktifitas fisik menurun karena daya tahan fisik dan tubuh rendah (mudah 5L : letih, lelah, lesu, lemah, lunglai ).
  • Jarang masuk sekolah karena mudah sakit.

 

BAGAIMANA MENCEGAH ANEMIA GIZI BESI?

  • Makan makanan yang kaya zat besi dan buah-buahan setiap hari
  • Minum tablet besi (Fe) terutama saat menstruasi
  • Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan; dan memakai alas kaki, terutama pada tempat kotor dan becek agar tidak cacingan.

 

BAHAN MAKANAN APA SAJA YANG MENGANDUNG ZAT BESI?

  • Sayuran Hijau
  • Bahan makanan nabati
  • Bahan makanan hewani

 

BAHAN MAKANAN APA SAJA YANG DAPAT MENINGKATKAN PENYERAPAN ZAT BESI?

Untuk meningkatkan penyerapan zat besi terutama yang berasal dari nabati, diperlukan Vitamin C, karena itu dianjurkan makan buah-buahan segar setelah makan.

 

 APA YANG DIMAKSUD DENGAN VITAMIN A?

Vitamin A adalah salah satu zat gizi dari golongan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh yang berguna untuk kesehatan mata, dan untuk kesehatan tubuh, jaringan epitel untuk melawan penyakit misalnya campak, diare dan penyakit infeksi lainnya.

 

APA SAJA TANDA DAN GEJALA AWAL KEKURANGAN VITAMIN A?

Tanda dan Gejala awal kekurangan Vitamin A adalah :

  1. Lemahnya penglihatan pada malam hari
  2. Kulit kering
  3. Meningkatnya resiko infeksi, dan metaplasia
  4. Kekurangan Vitamin A yang parah dapat mengakibatkan kebutaan
  5. Rabun senja
  6. Katarak

 

 APA SAJA MANFAAT VITAMIN A?

Vitamin A adalah vitamin yang dapat dipecahkan lemak dengan empat fungsi utama pada tubuh yaitu :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak, diare.
  • Membantu proses penglihatan adaptasi dari tempat yang terang ke tempat yang gelap.
  • Mencegah kelainan pada sel termasuk pada selaput lender mata.
  • Mencegah terjadinya kekeringan pada mata disebut xerosis konjungtiva.

 

SASARAN PEMBERIAN KAPSUL VITAMIN A

  1. Bayi

Bayi umur 6-11 bulan diberikan kapsul Vitamin A 100.000 SI warna biru.

  1. Anak balita

Umur 12-59 bulan diberikan kapsul Vitamin A

  1. Bayi dan anak balita sakit

Umur 6-11 bulan dan balita umur 12-59 bulan yang sedang terkena campak diare, gizi buruk atau xeroftalmia diberikan Vitamin A dosis tinggi dan dosis sesuai umur.

  1. Ibu Nifas

Ibu Nifas (0-42 hari) setelah melahirkan diberikan 1 kapsul Vitamin A 200.000 SI warna merah dan 1 kapsul lagi diberikan dengan selang waktu minimal 24 jam.

 

BAGAIMANA CARANYA MENDAPATKAN VITAMIN A?

Vitamin A dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan sumber Vitamin A yaitu Hati, wortel, produk susu, ubi merah, labu, mangga, bayam, brokoli, kangkung, keju cheddar, cabai, minyak ikan, tomat, pisang, papaya, apel.

Vitamin A juga dapat diperoleh melalui pemberian Kapsul Vitamin A. Kapsul Vitamin A untuk bayi dan anak balita yang diperoleh secara GRATIS di Posyandu dan Puskesmas terdekat  pada Bulan Februari dan Agustus.

Jadi, Ayo Bapa Mama … bawa bayi dan anak balita Anda ke Posyandu terdekat dan Puskesmas Oebobo untuk mendapatkan Kapsul Vitamin A. Salam Sehat.

Larvasida atau lebih dikenal dengan nama Abate merupakan salah satu “amunisi” yang digunakan untuk menangkal terjadinya Demam Berdarah Dengue (DBD).

Halaman 1 dari 3